Get me outta here!

Minggu, 10 November 2013

Damn, I Love Indonesia!


Pernah dengar kalimat Damn I Love Indonesia? Akhir-akhir ini kalimat tersebut menjadi fenomenal di kalangan anak-anak muda perkotaan. Jujur, kata ‘damn’ di depan ‘I love Indonesia’ memang agak kurang pas mengingat arti kata ‘damn’ dalam bahasa Inggris merupakan sebuah umpatan atau ekpresi mengutuk terhadap sesuatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan. Kata ‘damn’ bisa diartikan sial, laknat atau jalang. Kenapa kata ‘damn’ tidak dihilangkan saja, sehingga tersisa kalimat ‘I Love Indonesia’, kayaknya lebih cocok. Namun kata ‘damn’ dalam penggunaannya disini lebih mengekpresikan rasa kekaguman dan cinta terhadap Indonesia.
Juga kata ‘damn’ bukan untuk mengutuk tapi lebih kepada sebuah singkatan nama seseorang. Ya, dialah seorang artis yang juga seorang presenter terkenal Daniel Mananta (Damn). Daniel Mananta yang sering kita lihat menjadi VJ (Video Jockey) di sebuah televisi swasta ternyata mempunyai ide unik. Lewat Damn I Love Indonesia dirinya mencoba untuk membangkitkan kecintaan terhadap tanah air dengan mempromosikan Indonesia melalui jualan kaos. Bukan sembarang jualan kaos, tapi kaos bertuliskan ‘Damn I Love Indonesia’ ini Daniel berikan ke artis luar negeri yang sekadar mampir atau menggelar konser di Indonesia. Tujuannya tentu saja memperkenalkan Indonesia agar lebih terkenal di luar negeri. Damn I Love Indonesia juga sudah resmi menjadi brand kaos milik VJ Daniel sejak 4 tahun yang lalu.
Awal mulanya, sewaktu masih tinggal di luar negeri, Daniel merasa galau untuk memuaskan kecintaannya terhadap Indonesia yang sangat sulit diekspresikan. Dengan cara inilah ia melampiaskan rasa nasionalismenya melalui Damn I Love Indonesia yang bisa dibilang anak muda banget. Deretan artis luar negeri yang pernah diberi kaos itu antara lain pesepakbola Javier Zanetti, David Beckham dan vokalis Maroon 5, Adam Levine ketika menggelar konser di Jakarta bulan Oktober kemarin. Menurut Daniel, bagian depan kaos yang bersablon bertuliskan ‘Indonesia’ akan membuat tertarik orang-orang mancanegara dan datang ke sini. Damn I Love Indonesia tidak hanya tersedia dalam bentuk kaos saja melainkan juga ada dress dan hoodies. Desainnya pun bermacam-macam ada Pandawa Lima, Proklamasi, Gatotkaca, Pahlawan Indonesia dan masih banyak lagi yang mengandung unsur kebudayaan Indonesia. Selain itu Damn I Love Indonesia juga membuat patung Soekarno yang terbuat dari bahan vinyl bust unik dan diproduksi secara terbatas hanya 250 buah.
Banyak cara untuk menunjukkan kecintaan terhadap tanah air, antara lain seperti yang dilakukan Daniel Mananta dengan kaos Damn I Love Indonesia miliknya. Cinta tanah air sekarang ini bukan lagi soal mengorbankan jiwa dan raga serta darah yang tertumpah dalam desingan peluru. Di saat negara ini sedang dilanda erosi nasionalisme dan mengekspresikan cinta tanah air dengan cara berlebihan, kini muncul VJ Daniel dengan nasionalisme era sekarang yang anak muda banget. So, bagaimana dengan kamu?



0 komentar:

Posting Komentar